Contoh Deskripsi Tugas Asisten Rekam Medis
Selasa, 16 Juli 2019
apa yang dilakukan asisten rekam medis,
contoh deskripsi tugas asisten rekam medis,
persiapan penerimaan asisten rekam medis
Edit
Apa yang Dilakukan Asisten Rekam Medis?
Asisten catatan medis adalah seseorang pekerjaan rekam medis yang mendokumentasikan informasi kesehatan dan pribadi pasien dalam file yang ditentukan untuk penyimpanan catatan. Deskripsi pekerjaannya mencakup semua aspek perawatan pasien di klinik untuk referensi di masa mendatang.
Setelah kedatangan dan pertemuan pasien dengan dokter, asisten akan mencatat gejala-gejala pasien dan kondisi kesehatan umum mereka seperti yang diperintahkan oleh dokter untuk mengidentifikasi keadaan kesehatan mereka pada saat itu dengan rekam medis rumah sakit.
Dokumentasi kondisi kesehatan pasien juga penting untuk menghindari kesalahan informasi dan klaim palsu oleh pasien, yang dapat membahayakan kompetensi dokter, serta reputasi klinik secara umum. Setelah spesimen pasien harus diuji di laboratorium, asisten akan memastikan salinan hasil disimpan dalam file pasien.
Perannya juga termasuk memasukkan data hasil ke dalam sistem komputer jika berlaku. Ini penting dalam kasus perawatan lebih lanjut dari pasien, karena memberikan bukti sejarah kesehatan mereka, yang diperlukan untuk perawatan yang efektif dan manajemen kesehatan keseluruhan pasien. Ketika kondisi kesehatan pasien ditentukan, dokter akan menentukan rencana perawatan yang akan diberikan kepada mereka.
Asisten rekam medis mengambilnya dari sana dengan membuat catatan rinci tentang prosedur perawatan yang telah ditentukan untuk berfungsi sebagai bukti teknik perawatan yang digunakan pada pasien. Ini umumnya dapat membantu mengidentifikasi prosedur perawatan yang lebih efektif.
Contoh Deskripsi Tugas Asisten Rekam Medis
Individu yang bekerja sebagai asisten di unit rekam medis sebagian besar fasilitas layanan kesehatan biasanya melaksanakan tugas, tugas, dan tanggung jawab yang disorot dalam contoh uraian pekerjaan di bawah ini:
- Pastikan semua dokumen diisi secara lengkap dan akurat serta diverifikasi keasliannya
- Kumpulkan data demografis pasien untuk memudahkan identifikasi dan kontak dalam kasus darurat dan korespondensi. Ini penting untuk mencegah tindakan kriminal seperti peniruan identitas, atau penipuan oleh beberapa orang yang tidak berwenang; dan untuk memberikan informasi yang akurat kepada otoritas terkait dalam menjalankan tugasnya
- Bekerja dengan perusahaan asuransi untuk mengisi informasi asuransi pasien ketika memverifikasi dan memfasilitasi klaim asuransi mereka
- Atur file pasien secara teratur agar mudah diakses dan untuk menghindari kebingungan saat memilahnya
- Amankan file pasien
- Bekerja dengan dokter dan anggota tim klinik lainnya dalam mendapatkan informasi lengkap tentang kesehatan pasien; meminta informasi lain yang tidak tersedia dalam catatan pasien
- Masukkan informasi dalam file pasien ke dalam basis data elektronik klinik sebagai cadangan untuk pengambilan
- Dapat mengembangkan kode klinik untuk penggunaan informasi pasien untuk melindungi privasi pasien. Ini termasuk penanganan informasi kesehatan pasien dengan tingkat kerahasiaan yang tinggi
- Lakukan tinjauan berkala rekam medis pasien untuk memastikan bahwa informasi yang lama dan ketinggalan zaman diperbarui untuk memenuhi status saat ini
- Buat angka dan tetapkan ke setiap pasien untuk memudahkan identifikasi catatan mereka
- Membuat grafik dan catatan pasien tersedia untuk departemen terkait sesuai dengan prosedur klinik
- Kompilasi rekam medis klien baru dan lama untuk klarifikasi dan pemahaman
- Pertahankan komunikasi dengan pasien agar cepat menyadari perubahan kondisi kesehatan mereka
- Bekerja dengan berbagai departemen klinik untuk memiliki aliran informasi yang lancar mengenai perawatan pasien dan kunjungan ke klinik untuk menyimpan catatan
- Persiapkan informasi penagihan klien untuk pembayaran setelah perawatan
- Menyimpan catatan persediaan dan pesanan klinis yang telah dibuat
Persiapan Penerimaan Asisten Rekam Medis
Sampel uraian pekerjaan yang diberikan di atas berisi informasi tentang aktivitas kerja posisi asisten catatan medis, yang dapat digunakan dalam menyiapkan bagian-bagian tertentu dari resume untuk posisi tersebut, termasuk bagian pengalaman kerja.
Persyaratan - Keterampilan, Pengetahuan, dan Kemampuan - untuk Posisi Asisten Rekam Medis
Keterampilan dan kualifikasi yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha dan mempekerjakan manajer dari pelamar yang ingin bekerja sebagai asisten di kantor rekam medis meliputi:
- Keterampilan komputer: Asisten medis di unit catatan klinik harus dapat menggunakan paket perangkat lunak komputer yang berbeda seperti Excel dan Word untuk mendokumentasikan informasi
- Keahlian organisasi: Asisten harus memiliki tingkat keterampilan organisasi yang tinggi untuk dapat menjaga dan menyortir file secara teratur
- Memori retensi: Agar dapat mencatat informasi secara akurat, asisten yang bekerja di rekam medis harus dapat mengingat peristiwa yang terjadi di klinik dengan jelas.
- Manajemen waktu: Ini adalah keterampilan penting bagi asisten untuk harus dapat mencatat informasi pasien dengan segera sehingga dokumen mereka siap pada saat jatuh tempo untuk dikeluarkan kepada pejabat berwenang dan departemen lain di klinik.